Skip to main content

pelalawan airport

pelalawan airport

"Saye Sangke Salah Naik Kapal Terbang"
.
Tulisan blogger
 "#Ehsan_Ibnu_Ishak"
.
"PEKANBARU DARAH LELUHUR KU"

Leluhur Atuk saye asli Pekanbaru, Riau.
Masa saye pergi pekanbaru tahun 2016. Saye merase macam berada Kat Padang, sebab bahase sehari-hari digunakan bahasa Minangkabau.
Saye sangke saye salah alamat, rupanya memang betul saye di Pekanbaru. Tapi saye tak merase ini itu pekanbaru. Ciri khas Melayu hanye corak pade bentuk bangunan.
.
Saye dari kecil bercite-cite nak ke Pekanbaru.
Sebab dulu emak saye cerita pasal Atuk saye adalah orang Pekanbaru, sejak bujang dia pindah Malaysia, menikah dengan uwan saye orang Johor, di Pekanbaru ade Abang nya di sane.
.
Saye tanye, dimane itu Pekanbaru Mak ?
Pekanbaru itu di Riau, Pulau Sumatra. Di sane adalah negeri Melayu, yang same juge macam Malaysia, penduduk nya ramah, bahasa mereka juge serupa bahasa kite.
.
Dengar itu saye nak ajak emak saye ke Pekanbaru, tapi Mak saye belum boleh pergi.
.
Semase saye study, dan sudah dewasa. Emak saye bagi izin saye pergi ke Pekanbaru.
Saye cari tahu dan browsing Pekanbaru. Saye nampak dari gambar dan video di internet sungguh elok, dan Melayu nya sangat klazik.
Akhirnya saye cari tahu, apekah ade Kapal terbang Kuala lumpur ke Pekanbaru.
Saye gembira, rupanya ade kapal terbang KL-PKU.
.
Dengan petunjuk Atuk saye, jika sampai di Pekanbaru. Pergi dulu hotel, untuk istirahat. Esok nya baru cari keluarga kite kat sane,
Diae cakap Name daerah nya Kulim, cari mesjid Jamik jalan Imam Munandar. Sampai sana, tanya same imam mesjid konal tak dengan Datuk Mohammad Mahadi Azwar. Itu adalah Abang Atuk.
.
Sampai di airport, saye terkagum-kagum. Airport Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru begitu besar dan elok, corak Melayu nya membuat saye semakin suke dengan pekanbaru.
.
Akhirnya saye ambik Taxi, browsing hotel pekanbaru di Internet. Akhirnya saye jumpa hotel pangeran.
Saye istirahat Kat hotel pangeran.
Esok hari nya saye keluar, pusing-pusing bandar dengan sewa draver taxi.
Saye dengar bahasa-bahase mereka adalah Minang.

Saye tanye dengan salah seorang, Bang, apekah ini pekanbaru ??
Betul kate orang itu.
Saye tanye dalam hati, pekanbaru tak sesuai saye tengok internet. Kate orang adalah negeri Melayu, tapi dimane2 saye jumpe orang cakap Minang.
Saye sedih, tapi pas saye jumpe Abang Atuk saye Kat sane, dia cerita banyak pasal mengapa bahasa Minangkabau jadi bahasa sehari-hari. Saya boleh sikit faham.
Tapi saye tetap tak puas hati, saye sangat menyayangkan kenape Pemerintah Riau dan pimpinan bandar pekanbaru tak mengharuskan guna bahasa Melayu.
.
Atuk saye cakap sebelum tahun 2010 pelajaran bahasa Melayu masih ada Kat sekolah-sekolah , tapi 2010 ke atas sudah tak ada lagi.
Mungkin penyebab mayority pekanbaru adalah kaum Minangkabau.
Lagu-lagu dan tari-tarian Melayu di Pekanbaru pun hanya ada apabila cara penting Pemerintah, dan sambut ulang tahun kota Pekanbaru dan provinsi Riau 😢
.
Negeri melayu Riau yang masih menggunakan bahase Melayu ialah Siak, Bengkalis, Pelalawan, Inderagiri.
Tapi Kat pekanbaru bahase sehari-hari banyak gune bahase Minangkabau & Indonesia.
Orang Melayu hanye cakap Melayu kalau die jumpe sesame Melayu saje.
.
Saye tak puas hati.
Saye cari orang ahli-ahli budaye Melayu, akhirnya saye jumpa seorang mahasiswa universitas Lancang Kuning.
Dia berasal dari Tembilahan, Indragiri.
Saye sembang-sembang dengan die.
Die adalah aktivitas pemude Melayu juge,  dan tergabung dalam LAM (lembaga adat Melayu)
Die menerangkan, Jikalau Minangkabau majority di Pekanbaru dibandingkan Melayu.
Saye tanye, jikalau di kumpul kan 100% orang Melayu dan Minang berjumlah berapa ?
Dia jawab, mungkin hanya beza sedikit Minang 52% Melayu 48%.
.
Saye fikir dalam hati, kalau warga Pekanbaru 1,1 juta. Paling Minang hanya 33% Melayu 27 %. Sisa-sisa lain adalah suku lain.
Kalau orang Minang 500.000 orang, pasti orang Melayu 425.000 orang.
Jarak tak jauh, tapi tak terdengar bahase Melayu di sini.
Kemane orang Melayu ?
Setelah saye dapat penerangan dari kawan tu, dia cakap orang Melayu pun berbahasa Minang. Sebab itu lah jarang terdengar bahasa Melayu. Kaum Melayu berbahasa Melayu bila jumpa orang Melayu saja.
Aku sebagai anak Melayu darah leluhur pekanbaru sangat sedih 😢

Tapi saye bangge,  Budaye Melayu, bangunan corak Melayu, tarian Melayu, lagu melayu bahase  Melayu di Pekanbaru totap ande. Walau hanye di tempat-tempat dan saat tertentu saje di gunakan.
I ❤ PKU RIAU
Dan saye kagum, Pekanbaru Riau tuan rumah yang baik dan tidak sombong. Siape saje datang die terime dengan baik, walaupun banyak yang tak ucap Terimakasih 😊

Pesan saye untuk Gubernor Riau & Pimpinan bandar Pekanbaru.
Buat lah langkah-langkah supaye pekanbaru totap menjadi negeri Melayu utame jika anda masih sayang ibu anda 😊🙏

The town of Pangkalan Kerinci, commonly known as Kerinci, is part of Pelalawan – a regency of the Riau Province; the economic hub of the island of Sumatra and one of the richest provinces in Indonesia due to its abundance of natural resources. Travelling to Pelalawan involves firstly flying to Pekanbaru in Riau and then disembarking at the SSK II International airport, followed by a 15-minute flight landing at a private airstrip that is owned by one of Indonesia’s largest resource-based manufacturing conglomerates – Royal Golden Eagle (RGE).

Unigraha Hotel is the only three-star hotel in Kerinci. It is spectacularly perched on top of a hill amidst verdant slopes located in the manufacturing site of Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP), a subsidary of APRIL, an RGE company. Looking out across the horizon from the hotel are rows and rows of oil palm and acacia trees.

To the rest of the world, very little is known about this little town; but it is Kerinci that provides the world more than 2.8 million tonnes of pulp and 850,000 tonnes of paper per year. This town also houses RGE’s key palm oil manufacturing operations. Together with mills in North Sumatra, Jambi and other parts of Riau province, 1 million metric tonnes of crude palm oil (CPO) is produced annually. Kerinci is the nerve centre of RGE’s integrated pulp and paper manufacturing activities and an important palm oil operational hub through its independent companies – APRIL Group and Asian Agri.

Naik bus dari Binjai Sumatra Utara ke Sorek Pelalawan Riau berhenti di beberapa rest area dan restoran untuk makan dan sholat. Para penumpang bus yang menjalankan sholat hanya beberapa orang saja. Sedangkan bus yg berhenti tidak hanya satu tapi beberapa bus. Bertolak belakang ketika mau sholat di Musholla bandara Pekanbaru Riau kita sholat harus antri. Musholla penuh dengan jamaah. Bahkan banyak yang sehabis sholat wiridannya panjang. ???

Comments

Popular posts from this blog

Stand April di Pelalawan Expo 2018

Kami kembali ikut meramaikan Pelalawan Expo 2018. Ayo kunjungi stand APRIL di Blok 1 No.1 mulai dari tanggal 6-12 Oktober 2018. Sahabat bisa melihat bagaimana proses produksi dari kayu menjadi kertas atau dari kayu menjadi serat kain. Sentuh teksturnya, raba, dan lihat dari dekat.

Sahabat juga bisa ikut belajar membatik lho, juga bisa mencicipi produk-produk mitra binaan Community Development RAPP, dan jangan lupa sahabat berfoto selfie/wefie saat di booth APRIL ya, lalu post ke instagram, follow dan  tag @sahabatRAPP jangan lupa sertakan hashtag #APRILxPelalawanExpo2018 #sahabatRAPP hadiah menarik sudah kami siapkan untuk sahabat dengan foto terbaik 😉.

#APRILxPelalawanExpo2018 #sahabatRAPP #PelalawanExpo2018 #Event #Paperone #GoodforCommunity #GoodforClimate #GoodforCountry #Paper #Industry #Sustainable #Concession #CommunityDevelopment #WomenEmpowerment #BatikBono #business #Riau #viscose #acacia #rayon #lifeatAPRIL #RAPPuntukIndonesia

Wow jokowi

Sembilan Kepala Daerah Kabupaten - Kota se - Propinsi Riau dan Wagubri mendukung secara politis pasangan Capres Ir.Joko Widodo dan Prof.DR.K.H.Maruf Amin sebagai presiden dan wapres tahun 2019-2024.
Walaupun hal tersebut adalah merupakan hak hak individu kepala daerah tsb tapi cukup membuat panas kubu seberangnya dan belum tentu juga rakyat mengikutinya karena rakyat NKRI Propinsi Riau mempunyai hak yang sama dalam hak suara memilih satu orang satu suara bukan lebih.
Kemampuan Kepala daerah yang ganteng2 dgn foto selfie belum tentu mengikuti arah politik pemimpin tsb karena rakyat butuh pembuktian dalam mensejahterakan rakyat Riau dalam berdemokrasi daulat rakyat bukan daulat tuaku.
Kemampuan para pemimpin tsb mendukung tsb apakah karena mendukung tersangkut kasus hukum seperti wako dumai Drs. Zulkifli As Msi dan Zainal Azis Bupati Kampar oleh KPK atau yg lain karena hati nuraninya.
Perintah partai masing masing sebagai pengusung dan pendukung atau kemauan diri sendiri dengan tertarik…

smpn 6 pelalawan

smpn 6 pelalawan

ACARA PELEPASAN SISWA KELAS IX ANGKATAN KE-5 TA. 2015-2016
Selfie bareng all teacher and students smpn 6 pelalawan angkatan ke 5

Selfie bareng guru SMPN 6 pelalawan
acara perpisahan dgn pak Agus Yulianto yg akan pindah tempat tugas ke SOLO

Siswa/siswi SMPN 6 PELALAWAN
KELAS sembilan Saat belajar berkelompok

Belasan Tenaga Pendidik SMPN 6 Pelalawan Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Guru: Dalam pelatihan yang dik... https://t.co/3kFGl0WadN
smpn 6 pelalawan

ut pelalawan

ut pelalawan

Ujian mahasiswa UT kab pelalawan.H2 hari minggu, aturan di perketat.guna mencapai lulusan berkualitas dan bermutu tinggi.semangat buat adek2 mahasiswa UT.taati aturan dan smga mndapat nilai yg memuaskan.

Bersama dosen pembimbing ahli & pembimbing 1 jalan2 di tambang terbuka grasberg,,,,, PT. Freeport Indonesia  Universitas Terbuka Pelalawan Upbjj Universitas Terbuka Denpasar Upbjj Universitas Terbuka Padang Upbjjut Jayapura Upbjj-ut Layanan Luar Negeri Upbjj-ut Palangka Raya

PKL.KERINCI, riaueditor.com  Syahbanides atau sehari-harinya dipanggil Syahban, seorang mahasiswa Universitas Terbuka (UT) yang juga guru honorer di SD 009 Pangkalan Kerinci menyebutkan bahwa dirinya telah melayangkan pengaduan kepada Kejaksaan …

PKL.KERINCI, riaueditor.com - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pelalawan MD. Rizal, S.Pd.M.Pd menilai permasalahan mahasiswa UT Syahbanides dengan koordinator Kelompok Belajar Universitas Terbuka (Pokjar) UT tidak harus dibesar-besarkan, karena …

Nee ut

kebudayaan kabupaten pelalawan

kebudayaan kabupaten pelalawan berdasarkan SEJARAH PERADABAN TANAH KAMPAR [ MENGUAK MISTERI LINTAS ZAMAN ]
BAB I
PENDAHULUAN
Kampar merupakan nama salah satu Daerah kabupaten di Provinsi Riau, Indonesia.terletak antara 1°00’40” Lintang Utara sampai 0°27’00” Lintang Selatan dan 100°28’30” – 101°14’30” Bujur Timur.Kabupaten Kampar saat ini dilalui oleh dua buah sungai besar dan beberapa sungai kecil, di antaranya Sungai Kampar  dan Sungai Siak bagian hulu.
Sungai Kampar melewati daerah kabupaten kampar panjangnya  ± 413,5 km ,sungai kampar dibagian hulu bercabang dua,dibagian aliran Sungai Kampar Kanan menelusuri kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat sekarang dan kabupaten Kampar Provinsi Riau, sedangkan aliran Sungai Kampar Kiri melewati Sijunjung diProvinsi Sumatera barat sekarang, kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau dan kabupaten Kampar Provinsi Riau, kemudian kedua aliran sungai kampar kanan dan sungai kampar kiri berjumpa di Langgam kabupaten Pelalawan Provinsi Ria…

pelalawan dalam angka 2018

pelalawan dalam angka 2018

HITUNGAN MATANG DARI SEORANG HENDRY MUNIEF

Oleh : Setiyono

Pada momen liburan tahun ini, tepatnya saat mendekati waktu Idul fitri, saat saya berada di kampung halaman, ada salah seorang anggota masyarakat yang bertanya kepada saya, “siapa calon gubernur Riau yang paling kuat?” Spontan saya jawab, Syamsuar. Kemudian dia bertanya lagi, “mengapa Syamsuar?” Sebab saat Siak dipimpin Syamsuar, terlihat jauh lebih maju dan itu dikenal oleh banyak masyarakat Riau. Saya sempat membaca hasil beberapa lembaga survei, popularitas Syamsuar cukup bagus. Kemudian dia juga didukung oleh PKS. Partai politik yang memiliki mesin politik paling rapi menurut saya. Dan di Riau, PKS ini dipimpin oleh seorang pemimpin yang banyak memiliki catatan kemenangan saat mendukung pasangan calon bupati dan walikota. Kampar, Bengkalis, Indragiri Hulu, Pekanbaru, Siak, dan Pelalawan. Semua calon bupati maupun walikota di daerah tersebut semuanya didukung PKS, dan semua menang saat Pilkada ser…

sejarah kabupaten pelalawan

sejarah kabupaten pelalawan. Tak kenal maka tak sayang
Tak sayang maka tak cinta
Inilah negeri kami pelalawan
Negeri melayu terbilang dan termasyur,,,
Disinilah kerajaan pekantuo kampar bermula yg berubah nama menjadi kerajaan pelalawan (kabupaten pelalawan)

"SUKU MELAYU PETALANGAN, KAB PELALAWAN, RIAU" 🇮🇩

Suku Petalangan hidup di Kabupaten Pelalawan , provinsi Riau . Desa-desa pemukiman orang Petalangan terletak sekitar 60-95 kilometer dari kota Pekanbaru . Kebanyakan orang Petalangan mencari nafkah dari hutan, Karet, sawit dan sebagai nelayan.
Istilah Petalangan berasal dari kata talang , yang merupakan sejenis bambu . Suku ini juga menyebut diri mereka sebagai Uwang Da'at (Orang darat)

Sejarah:
Menurut tombo Orang Petalangan datang dari
Johor menggunakan perahu, dan membuka hutan di pemukiman mereka sekarang ini. Mereka kemudian menjadi kawula Kerajaan Kampar, dan kemudian Pelalawan .

Di bawah pemerintahan Kesultanan Pelalawan mereka mendapat pengakuan hak atas wila…