Skip to main content

pelalawan tourism

pelalawan tourism

Mari Sukseskan Event Riau Expo 2018 "Pameran Investasi, Produksi/Jasa Unggulan, Kerajinan dan Tourism Provinsi Riau"
.
03 - 09 November 2018
.
Loc: Komplek Rumah Dinas Gubernur Riau, Jln.Diponegoro, Pekanbaru.
.
.
#riauexpo2018 #picturesofriau #pameranInvestasi #promosiriau #ayokeriau #pekanbaru #siak #bengkalis #dumai #rengat #selatpanjang #tembilahan #kuansing #bagansiapiapi #pasirpengaraian #kampar #pelalawan #provinsiriau #riauthehomelandofmelayu #dpmptsp #riau #indonesia #riauexpo

November 26, 2018 at 09:28AM

TELUK MERANTI, BKM — Bono. Begitulah masyarakat Pelalawan, Riau, menyebutnya. Bono adalah ombak yang awalnya sangat menakutkan. Khususnya bagi warga di Teluk Meranti, Pelalawan.
Namun, kini kondisinya berbalik. Bono justru sangat ditunggu. Bahkan wisatawan mancanegara rela datang ke Teluk Meranti hanya untuk mendapatkan bono.
Bono tercipta akibat aliran arus sungai Kampar bertemu dengan aliran laut. Pertemuan itu menghasilkan ombak yang mengarah ke sungai. Menurut warga asli Teluk Meranti Ali, dahulu ombak ini membuat warga sangat takut.
“Bahkan di beberapa tempat, bono dulu disebut tsunami. Karena ombaknya yang sangat besar dan berlangsung beberapa jam. Bono memiliki siklus. Tidak tiap saat bisa ditemui. Ada waktu-waktu tertentu bono sangat tinggi dan besar. Bahkan membuat air naik hingga ke rumah warga,” terang Ali sebelum acara Bono Surfing dimulai.
Lambat laun, warga mulai mengetahui siklus bono. Bahkan, warga memanfaatkannya untuk bermain. “Oleh warga, Bono dimanfaatkan untuk bekudo. Jadi, dengan menggunakan perahu mereka mencoba menaklukkan ombak. Mereka bermain dengan ombak,” tutur Ali menjelaskan.
Kebiasaan ini semakin berubah. Belakangan muncul para surfer. Kegiatan surfing mulai dilakukan. Wisatawan mancanegara juga mulai berdatangan. Anak-anak sekitar Teluk Meranti pun mulai akrab dengan surfing. Menaklukkan bono menjadi kegiatan yang tidak bisa dihilangkan.
Wakil Bupati Pelalawan Zaderwan, mengakui jika kini bono sudah sangat bersahabat. Bono justru memberi dampak positif. Sebab, dikemas sebagai destinasi. Tepatnya destinasi sport tourism surfing.
“Dampaknya secara ekonomi sangat terasa. Buktinya, saat wisatawan mancanegara hadir Teluk Meranti ramai. Mereka menghabiskan uangnya di sana untuk makan. Bukan hanya itu. Penginapan pun hadir di Teluk Meranti. Ini dampak yang luar biasa. Dampak dari hadirnya pariwisata,” papar Zaderwan.
Kepala Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga Pelalawan Andi Yusfiandi, mengatakan bono tidak hadir setiap saat. Ada saat-saat tertentu ombak hadir demgan luar biasa.
“Makanya, kita harus bisa membaca situasi. Kita harus sesuaikan waktu pelaksanaan dengan bono. Termasuk memprediksi jam. Sebab, kita ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari pelaksanaan ini,” jelas Andi.
Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata Masruroh, sangat senang dengan keberadaan bono yang akhirnya dikemas menjadi atraksi sport tourism bernama Bono Surfing.
“Karena masyarakat dilibatkan secara aktif. Dampaknya secara ekonomi juga bisa dinikmati langsung masyarakat. Tugas selanjutnya adalah membenahi aksesibilitas dan amenitas, agar wisatawan semakin nyaman di sana,” paparnya.
Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik pelaksanaan event sport tourism. Sebab, selalu memiliki dampak positif.
“Kementerian Pariwisata selalu mendukung pelaksanaan sport tourism. Mengapa? Karena selalu berdampak positif terhadap perekonomian. Dan, masyarakat bisa menikmatinya secara langsung. Wisatawan pun biasanya datang berkelompok,” katanya. (*)

The post Berburu Bono di Teluk Meranti appeared first on Berita Kota Makassar.

Berita Kota Makassar http://beritakotamakassar.fajar.co.id

Teluk Meranti is a District in Pelalawan Regency, Riau, Indonesia. Its natural state is in the form of lowland marshy with wide peat land. Meranti Bay area split by the flow of kampar river that empties into the Malacca Strait. Along the river flow stretches a very wide tropical forest covering both sides of the river. The indigenous people of Teluk Meranti are Malay. The livelihoods of the population depend on the sectors of agriculture, plantations, fishermen, forestry and so on. The big potential in Teluk Meranti district is tourism, that is tourism object of natural phenomenon in the form of waves of bono in kampong river.

youtu.be/jQ3DLsUujnE
.
Wowww ternyata di Riau ada Greencanyon😱.... Nah buat teman teman semua yang pada penasaran dan pengen tau greencanyon di Riau itu gimana? dan lokasinya itu dimana? Caranya gampang tinggal klik linknya di yang atas ya 👆
.
.
jangan lupa like, subscribe, dan coment sebanyak banyaknya ya🙌🏻
.
.
"Majukan Pariwisata Majukan Negri"
"Mohlah kekampar"
.
#perencanaankawasanpariwisata #perencanaanwilayahkota #PWK #UniversitasIslamRiau #UIR
#riau #kampar #siak #pelalawan #pekanbaru #dumai #indragirihulu #indragirihilir #kuansing #rokanhulu #rokanhilir #bengkalis #kepulauanmeranti #riautourism #kampartourism #tourismindonesia #tourism #riauthehomelandofmelayu

Bono Surf Spot - Tidal Bore
Kampar River, Pelalawan - Riau - Indonesia
For more info/reservation :
call :+628963224932
email: yan.nainggolan@gmail.com
@YanNainggolan

Comments

Popular posts from this blog

kebudayaan kabupaten pelalawan

kebudayaan kabupaten pelalawan berdasarkan SEJARAH PERADABAN TANAH KAMPAR [ MENGUAK MISTERI LINTAS ZAMAN ]
BAB I
PENDAHULUAN
Kampar merupakan nama salah satu Daerah kabupaten di Provinsi Riau, Indonesia.terletak antara 1°00’40” Lintang Utara sampai 0°27’00” Lintang Selatan dan 100°28’30” – 101°14’30” Bujur Timur.Kabupaten Kampar saat ini dilalui oleh dua buah sungai besar dan beberapa sungai kecil, di antaranya Sungai Kampar  dan Sungai Siak bagian hulu.
Sungai Kampar melewati daerah kabupaten kampar panjangnya  ± 413,5 km ,sungai kampar dibagian hulu bercabang dua,dibagian aliran Sungai Kampar Kanan menelusuri kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat sekarang dan kabupaten Kampar Provinsi Riau, sedangkan aliran Sungai Kampar Kiri melewati Sijunjung diProvinsi Sumatera barat sekarang, kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau dan kabupaten Kampar Provinsi Riau, kemudian kedua aliran sungai kampar kanan dan sungai kampar kiri berjumpa di Langgam kabupaten Pelalawan Provinsi Ria…

ut pelalawan

ut pelalawan

Ujian mahasiswa UT kab pelalawan.H2 hari minggu, aturan di perketat.guna mencapai lulusan berkualitas dan bermutu tinggi.semangat buat adek2 mahasiswa UT.taati aturan dan smga mndapat nilai yg memuaskan.

Bersama dosen pembimbing ahli & pembimbing 1 jalan2 di tambang terbuka grasberg,,,,, PT. Freeport Indonesia  Universitas Terbuka Pelalawan Upbjj Universitas Terbuka Denpasar Upbjj Universitas Terbuka Padang Upbjjut Jayapura Upbjj-ut Layanan Luar Negeri Upbjj-ut Palangka Raya

PKL.KERINCI, riaueditor.com  Syahbanides atau sehari-harinya dipanggil Syahban, seorang mahasiswa Universitas Terbuka (UT) yang juga guru honorer di SD 009 Pangkalan Kerinci menyebutkan bahwa dirinya telah melayangkan pengaduan kepada Kejaksaan …

PKL.KERINCI, riaueditor.com - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pelalawan MD. Rizal, S.Pd.M.Pd menilai permasalahan mahasiswa UT Syahbanides dengan koordinator Kelompok Belajar Universitas Terbuka (Pokjar) UT tidak harus dibesar-besarkan, karena …

Nee ut

sejarah kabupaten pelalawan

sejarah kabupaten pelalawan. Tak kenal maka tak sayang
Tak sayang maka tak cinta
Inilah negeri kami pelalawan
Negeri melayu terbilang dan termasyur,,,
Disinilah kerajaan pekantuo kampar bermula yg berubah nama menjadi kerajaan pelalawan (kabupaten pelalawan)

"SUKU MELAYU PETALANGAN, KAB PELALAWAN, RIAU" 🇮🇩

Suku Petalangan hidup di Kabupaten Pelalawan , provinsi Riau . Desa-desa pemukiman orang Petalangan terletak sekitar 60-95 kilometer dari kota Pekanbaru . Kebanyakan orang Petalangan mencari nafkah dari hutan, Karet, sawit dan sebagai nelayan.
Istilah Petalangan berasal dari kata talang , yang merupakan sejenis bambu . Suku ini juga menyebut diri mereka sebagai Uwang Da'at (Orang darat)

Sejarah:
Menurut tombo Orang Petalangan datang dari
Johor menggunakan perahu, dan membuka hutan di pemukiman mereka sekarang ini. Mereka kemudian menjadi kawula Kerajaan Kampar, dan kemudian Pelalawan .

Di bawah pemerintahan Kesultanan Pelalawan mereka mendapat pengakuan hak atas wila…

peta kabupaten pelalawan

peta kabupaten pelalawan

ASAL USUL BATURIJAL

Kenegerian Baturijal terdiri dari dua desa, yaitu Baturijal Hulu dan Baturijal Hilir. Masing-masing mempunyai penghulu. Struktur kenegerian dan kepenghuluan ini tidak sesuai dengan struktur keperintahan Republik Indonesia, sehingga dihilangkan. Hanya saja 4 orang yang sempat menjadi wali negeri yaitu Khalil Ali, Muhamad Noeh, Raja Eman dan Saidina Ali.
Baturijal yang berada ditepi Batang Kuantan ini, mempunyai batas wilayah sebagai berikut :
a.Batas wilayah Baturijal Hulu yaitu :
-Sebelah Utara berbatsan dengan Kab. Kampar dan Pelalawan.
-Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Selunak Kec. Peranap.
-Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Pesikaian Kec. Cerenti.
-Sebelah Timur berbatasan dengan Baturijal Hilir Kec. Peranap.
b.Batas wilayah Hilir :
-Sebelah Utara berbatsan dengan Kab. Kampar dan Pelalawan.
-Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Selunak Kec. Peranap.
-Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Baturijal Hulu Kec. Peranap.
-Sebelah Ti…

bkd pelalawan 2018

Untuk mengetahui jadwal ujian cpns dari bkd pelalawan 2018 silahkan klik link berikut.
https://bkd.pelalawankab.go.id/berita-294-jadwal-seleksi-kompetensi-dasar-skd-penerimaan-calon-pns-kabupaten-pelalawan-tahun--2018.html
Semoga membantu.

Kamis (6/9/2018) malam seluruh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menggelar rapat di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB)

Pertemuan ini adalah untuk menetapkan formasi CPNS bagi daerah. Termasuk yang ikut dalam rapat tersebut Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan

Dikutip dari Tribunpekanbaru.com, formasi secara garis besarnya sudah ditetapkan 238.015 formasi dimana untuk daerah 186.744 untuk 525 instansi dan pusat 51.271 untuk 76 instansi

Berikut ini Formasi CPNS yang diajukan Riau ke pusat untuk formasi yang diminta Menpan RB :

- Provinsi 375
- Pekanbaru 300
- Dumai 170
- Bengkalis 300
- Siak 250
- Kuansing 300
- Rohul 325
- Rohil 331
- Inhil 350
- Meranti 248
- Kampar 210
- Inhu …

Stand April di Pelalawan Expo 2018

Kami kembali ikut meramaikan Pelalawan Expo 2018. Ayo kunjungi stand APRIL di Blok 1 No.1 mulai dari tanggal 6-12 Oktober 2018. Sahabat bisa melihat bagaimana proses produksi dari kayu menjadi kertas atau dari kayu menjadi serat kain. Sentuh teksturnya, raba, dan lihat dari dekat.

Sahabat juga bisa ikut belajar membatik lho, juga bisa mencicipi produk-produk mitra binaan Community Development RAPP, dan jangan lupa sahabat berfoto selfie/wefie saat di booth APRIL ya, lalu post ke instagram, follow dan  tag @sahabatRAPP jangan lupa sertakan hashtag #APRILxPelalawanExpo2018 #sahabatRAPP hadiah menarik sudah kami siapkan untuk sahabat dengan foto terbaik 😉.

#APRILxPelalawanExpo2018 #sahabatRAPP #PelalawanExpo2018 #Event #Paperone #GoodforCommunity #GoodforClimate #GoodforCountry #Paper #Industry #Sustainable #Concession #CommunityDevelopment #WomenEmpowerment #BatikBono #business #Riau #viscose #acacia #rayon #lifeatAPRIL #RAPPuntukIndonesia

7 program pelalawan

HM Harris Paparkan 7 Program Pelalawan dan Riau Masa Depan

Mari kita lihat dan kita perjuangkan dengan setulus hati Anggaran Pembangunan Gedung SDN 023 Kelas Jauh Sungai Medang Desa Kesuma Kecamatan Pangkalan Kuras Tahun 2017, dan mendukung 7 Program Prioritas Pelalawan Cerdas, anak mereka disana juga ingin cerdas. Mudah- mudahan bisa terlaksana. Amin.

Bertemu masyarakat Kecamatan Langgam bercerita tentang pembangunan daerah. Ada 7 program prioritas di Pelalawan sudah membawa Pelalawan ke depan pintu gerbang kesejahteraan. Insyaallah pengalaman yang sudah kita lakukan akan berguna untuk membangun Riau secara umum. Amin.

#HarmoniRiauSejahtera
#BersamaMembangunRiau
#HarR1s
7 program pelalawan