Skip to main content

7 program strategis pelalawan

Mari kita Dukung 7 Program Strategis Pelalawan Menuju Pelalawan Emas, Bupati dan Wakil Bupati Gelar Syukuran https://t.co/VTCWO9ds9J https://t.co/tPBVMbssOy

Mantapkan 7 Program Strategis, HM Harris-Zardewan Komit Menuju Pelalawan Emas

Harris dan Zardewan Andalkan 7 Program Strategis Pelalawan

----- SUKSES PELALAWAN MAKMUR ------

Pelalawan Makmur merupakan bagian 7 Program Strategis Kab. Pelalawan 2016-2021 (Pelalawan Cerdas,Pelalawan Sehat, Pelalawan Terang, Pelalawan Lancar, Pelalawan Makmur, Pelalawan Eksotis, Pelalawan Inovatif)

Salah satu wujud Pelalawan Makmur adalah semakin meningkatnya kesejahteraan petani (Nilai Tukar Petani Tanaman Pangan) khususnya.

Pulau Mendol di Kec. Kuala Kampar merupakan Kawasan Padi Kab. Pelalawan seluas 5.790 Ha (Kepmentan Nomor : 830 Tahun 2016) dan menjadi bagian Grand Design Pengembangan Pangan Lumbung Pangan Berorientasi Ekspor-Wilayah Perbatasan  (LPBE-WB).

Selain potensi lahan sawah.. jg memiliki potensi berupa Varietas Unggul Padi Sawah Pasang Surut (Cekau Pelalawan dan Karya Pelalawan dilepas tahun 2012 ; Bono Pelalawan, Mendol Pelalawan dan Inpara Pelalawan dilepas Tahun 2017) yang berpotensi menjadi Beras Khusus (Indikasi Geografis dan Beras Organik) karena secara faktual tidak menggunakan pupuk kimia/tidak dilakukan pemupukan.

Saat ini secara bertahap tahun 2018 ini mulai melakukan Pengembangan Model Cooperative Farming seluas 769 Ha, Dengan ditandai Peresmian Lokasi Komplek Cooperative Farming SU-III Harapan Maju... Desa Sei Upih Blok III oleh Bpk. Bupati Pelalawan.

Cooperative Farming merupakan model pemberdayaan kelompok tani melalui rekayasa sosial, ekonomi, teknologi dan nilai tambah.

Kedalam satu wadah  untuk mengelola kelembagaan agribisnis :
1. Kelembagaan UPJA (Usaha Pelayanan Jasa Alsintan)
2. Kelembagaan Usaha Tani (Poktan/Gapoktan)
3. Kelembagaan Penggilingan Padi
4..Kelembagaan Pemasaran
5. Kelembagaan Keuangan

Kedepan secara bertahap akan dilakukan Duplikasi ke 8 Blok lainnya.

perlu #kerjaBERSAMA dan #kerjaFOKUS

-----Desa Mandiri Benih menuju PELALAWAN MANDIRI BENIH-------------------------

Pada awal Januari 2018 akan segera dilakukan panen Penangkaran 5 Varietas (INPARA PELALAWAN, BONO PELALAWAN, MENDOL PELALAWAN, CEKAU PELALAWAN dan KARYA PELALAWAN)

Kab. Pelalawan mempunyai 9 Desa Sentra Padi.
Secara bertahap dan berkelanjutan sudah 4 Desa yang mengembangkan Penangkaran Padi.

Roadmap Pengembangan Sistem Perbenihan Padi di Kab. Pelalawan 2016-2021 :
---Meningkatkan SDM Penangkar
---Penangkaran Padi 75 Ha
---Terintegrasi dalam Kelembagaan Cooperative Farming

sebagai bagian Upaya Mewujudkan Program Strategis #pelalawanMAKMUR (7 Program Strategis : PELALAWAN CERDAS, PELALAWAN SEHAT, PELALAWAN TERANG, PELALAWAN LANCAR, PELALAWAN MAKMUR, PELALAWAN EKSOTIS, PELALAWAN INOVATIF)  yang dipersembahkan untuk #kedaulatanPANGAN (9 CITA/ NAWACITA)

Kebijakan Pembangunan Pertanian tidak boleh menjadikan seolah-olah Petani itu "Buruh Negara" dalam Swasembada Pangan, karena tujuan akhir Pembangunan Pertanian adalah Kesejahteraan Petani bukan hanya semata-mata Peningkatan Produksi. Petani adalah Pejuang/Pahlawan Kedaulatan Pangan yang sebenarnya untuk itu perlu adanya upaya-upaya yang komprehensif dari hulu ke hilir dalam Peningkatan Kesejahteraanya, oleh karena itu melalui Program PELALAWAN MAKMUR (7 Program Strategis) yang telah menjadi bagian dari KEDAULATAN PANGAN (9 Agenda Prioritas/Nawacita) dengan langkah-langkah operasional  :
1. Menekan biaya produksi melalui Kemandirian Benih dan Mekanisasi Pertanian
2. Meningkatkan daya saing, nilai tambah, mutu hasil pertanian dan investasi pertanian melalui Penerapan Teknologi Hasil Pertanian dan Jejaring Distribusi.

yang kini besar dulunya dimulai dari yang kecil...
kini dari yang kecil siap menjadi besar...

7 program strategis ( HAZAR ) siap bersaing tdk hnya skla NASIONAL tp INTERNASIONAL utk Pelalawan yg lebih bermarwah & bermartabat

Comments