Skip to main content

7 program strategis pelalawan

Mari kita Dukung 7 Program Strategis Pelalawan Menuju Pelalawan Emas, Bupati dan Wakil Bupati Gelar Syukuran https://t.co/VTCWO9ds9J https://t.co/tPBVMbssOy

Mantapkan 7 Program Strategis, HM Harris-Zardewan Komit Menuju Pelalawan Emas

Harris dan Zardewan Andalkan 7 Program Strategis Pelalawan

----- SUKSES PELALAWAN MAKMUR ------

Pelalawan Makmur merupakan bagian 7 Program Strategis Kab. Pelalawan 2016-2021 (Pelalawan Cerdas,Pelalawan Sehat, Pelalawan Terang, Pelalawan Lancar, Pelalawan Makmur, Pelalawan Eksotis, Pelalawan Inovatif)

Salah satu wujud Pelalawan Makmur adalah semakin meningkatnya kesejahteraan petani (Nilai Tukar Petani Tanaman Pangan) khususnya.

Pulau Mendol di Kec. Kuala Kampar merupakan Kawasan Padi Kab. Pelalawan seluas 5.790 Ha (Kepmentan Nomor : 830 Tahun 2016) dan menjadi bagian Grand Design Pengembangan Pangan Lumbung Pangan Berorientasi Ekspor-Wilayah Perbatasan  (LPBE-WB).

Selain potensi lahan sawah.. jg memiliki potensi berupa Varietas Unggul Padi Sawah Pasang Surut (Cekau Pelalawan dan Karya Pelalawan dilepas tahun 2012 ; Bono Pelalawan, Mendol Pelalawan dan Inpara Pelalawan dilepas Tahun 2017) yang berpotensi menjadi Beras Khusus (Indikasi Geografis dan Beras Organik) karena secara faktual tidak menggunakan pupuk kimia/tidak dilakukan pemupukan.

Saat ini secara bertahap tahun 2018 ini mulai melakukan Pengembangan Model Cooperative Farming seluas 769 Ha, Dengan ditandai Peresmian Lokasi Komplek Cooperative Farming SU-III Harapan Maju... Desa Sei Upih Blok III oleh Bpk. Bupati Pelalawan.

Cooperative Farming merupakan model pemberdayaan kelompok tani melalui rekayasa sosial, ekonomi, teknologi dan nilai tambah.

Kedalam satu wadah  untuk mengelola kelembagaan agribisnis :
1. Kelembagaan UPJA (Usaha Pelayanan Jasa Alsintan)
2. Kelembagaan Usaha Tani (Poktan/Gapoktan)
3. Kelembagaan Penggilingan Padi
4..Kelembagaan Pemasaran
5. Kelembagaan Keuangan

Kedepan secara bertahap akan dilakukan Duplikasi ke 8 Blok lainnya.

perlu #kerjaBERSAMA dan #kerjaFOKUS

-----Desa Mandiri Benih menuju PELALAWAN MANDIRI BENIH-------------------------

Pada awal Januari 2018 akan segera dilakukan panen Penangkaran 5 Varietas (INPARA PELALAWAN, BONO PELALAWAN, MENDOL PELALAWAN, CEKAU PELALAWAN dan KARYA PELALAWAN)

Kab. Pelalawan mempunyai 9 Desa Sentra Padi.
Secara bertahap dan berkelanjutan sudah 4 Desa yang mengembangkan Penangkaran Padi.

Roadmap Pengembangan Sistem Perbenihan Padi di Kab. Pelalawan 2016-2021 :
---Meningkatkan SDM Penangkar
---Penangkaran Padi 75 Ha
---Terintegrasi dalam Kelembagaan Cooperative Farming

sebagai bagian Upaya Mewujudkan Program Strategis #pelalawanMAKMUR (7 Program Strategis : PELALAWAN CERDAS, PELALAWAN SEHAT, PELALAWAN TERANG, PELALAWAN LANCAR, PELALAWAN MAKMUR, PELALAWAN EKSOTIS, PELALAWAN INOVATIF)  yang dipersembahkan untuk #kedaulatanPANGAN (9 CITA/ NAWACITA)

Kebijakan Pembangunan Pertanian tidak boleh menjadikan seolah-olah Petani itu "Buruh Negara" dalam Swasembada Pangan, karena tujuan akhir Pembangunan Pertanian adalah Kesejahteraan Petani bukan hanya semata-mata Peningkatan Produksi. Petani adalah Pejuang/Pahlawan Kedaulatan Pangan yang sebenarnya untuk itu perlu adanya upaya-upaya yang komprehensif dari hulu ke hilir dalam Peningkatan Kesejahteraanya, oleh karena itu melalui Program PELALAWAN MAKMUR (7 Program Strategis) yang telah menjadi bagian dari KEDAULATAN PANGAN (9 Agenda Prioritas/Nawacita) dengan langkah-langkah operasional  :
1. Menekan biaya produksi melalui Kemandirian Benih dan Mekanisasi Pertanian
2. Meningkatkan daya saing, nilai tambah, mutu hasil pertanian dan investasi pertanian melalui Penerapan Teknologi Hasil Pertanian dan Jejaring Distribusi.

yang kini besar dulunya dimulai dari yang kecil...
kini dari yang kecil siap menjadi besar...

7 program strategis ( HAZAR ) siap bersaing tdk hnya skla NASIONAL tp INTERNASIONAL utk Pelalawan yg lebih bermarwah & bermartabat

Comments

Popular posts from this blog

Stand April di Pelalawan Expo 2018

Kami kembali ikut meramaikan Pelalawan Expo 2018. Ayo kunjungi stand APRIL di Blok 1 No.1 mulai dari tanggal 6-12 Oktober 2018. Sahabat bisa melihat bagaimana proses produksi dari kayu menjadi kertas atau dari kayu menjadi serat kain. Sentuh teksturnya, raba, dan lihat dari dekat.

Sahabat juga bisa ikut belajar membatik lho, juga bisa mencicipi produk-produk mitra binaan Community Development RAPP, dan jangan lupa sahabat berfoto selfie/wefie saat di booth APRIL ya, lalu post ke instagram, follow dan  tag @sahabatRAPP jangan lupa sertakan hashtag #APRILxPelalawanExpo2018 #sahabatRAPP hadiah menarik sudah kami siapkan untuk sahabat dengan foto terbaik 😉.

#APRILxPelalawanExpo2018 #sahabatRAPP #PelalawanExpo2018 #Event #Paperone #GoodforCommunity #GoodforClimate #GoodforCountry #Paper #Industry #Sustainable #Concession #CommunityDevelopment #WomenEmpowerment #BatikBono #business #Riau #viscose #acacia #rayon #lifeatAPRIL #RAPPuntukIndonesia

Wow jokowi

Sembilan Kepala Daerah Kabupaten - Kota se - Propinsi Riau dan Wagubri mendukung secara politis pasangan Capres Ir.Joko Widodo dan Prof.DR.K.H.Maruf Amin sebagai presiden dan wapres tahun 2019-2024.
Walaupun hal tersebut adalah merupakan hak hak individu kepala daerah tsb tapi cukup membuat panas kubu seberangnya dan belum tentu juga rakyat mengikutinya karena rakyat NKRI Propinsi Riau mempunyai hak yang sama dalam hak suara memilih satu orang satu suara bukan lebih.
Kemampuan Kepala daerah yang ganteng2 dgn foto selfie belum tentu mengikuti arah politik pemimpin tsb karena rakyat butuh pembuktian dalam mensejahterakan rakyat Riau dalam berdemokrasi daulat rakyat bukan daulat tuaku.
Kemampuan para pemimpin tsb mendukung tsb apakah karena mendukung tersangkut kasus hukum seperti wako dumai Drs. Zulkifli As Msi dan Zainal Azis Bupati Kampar oleh KPK atau yg lain karena hati nuraninya.
Perintah partai masing masing sebagai pengusung dan pendukung atau kemauan diri sendiri dengan tertarik…

smpn 6 pelalawan

smpn 6 pelalawan

ACARA PELEPASAN SISWA KELAS IX ANGKATAN KE-5 TA. 2015-2016
Selfie bareng all teacher and students smpn 6 pelalawan angkatan ke 5

Selfie bareng guru SMPN 6 pelalawan
acara perpisahan dgn pak Agus Yulianto yg akan pindah tempat tugas ke SOLO

Siswa/siswi SMPN 6 PELALAWAN
KELAS sembilan Saat belajar berkelompok

Belasan Tenaga Pendidik SMPN 6 Pelalawan Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Guru: Dalam pelatihan yang dik... https://t.co/3kFGl0WadN
smpn 6 pelalawan

ut pelalawan

ut pelalawan

Ujian mahasiswa UT kab pelalawan.H2 hari minggu, aturan di perketat.guna mencapai lulusan berkualitas dan bermutu tinggi.semangat buat adek2 mahasiswa UT.taati aturan dan smga mndapat nilai yg memuaskan.

Bersama dosen pembimbing ahli & pembimbing 1 jalan2 di tambang terbuka grasberg,,,,, PT. Freeport Indonesia  Universitas Terbuka Pelalawan Upbjj Universitas Terbuka Denpasar Upbjj Universitas Terbuka Padang Upbjjut Jayapura Upbjj-ut Layanan Luar Negeri Upbjj-ut Palangka Raya

PKL.KERINCI, riaueditor.com  Syahbanides atau sehari-harinya dipanggil Syahban, seorang mahasiswa Universitas Terbuka (UT) yang juga guru honorer di SD 009 Pangkalan Kerinci menyebutkan bahwa dirinya telah melayangkan pengaduan kepada Kejaksaan …

PKL.KERINCI, riaueditor.com - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pelalawan MD. Rizal, S.Pd.M.Pd menilai permasalahan mahasiswa UT Syahbanides dengan koordinator Kelompok Belajar Universitas Terbuka (Pokjar) UT tidak harus dibesar-besarkan, karena …

Nee ut

kebudayaan kabupaten pelalawan

kebudayaan kabupaten pelalawan berdasarkan SEJARAH PERADABAN TANAH KAMPAR [ MENGUAK MISTERI LINTAS ZAMAN ]
BAB I
PENDAHULUAN
Kampar merupakan nama salah satu Daerah kabupaten di Provinsi Riau, Indonesia.terletak antara 1°00’40” Lintang Utara sampai 0°27’00” Lintang Selatan dan 100°28’30” – 101°14’30” Bujur Timur.Kabupaten Kampar saat ini dilalui oleh dua buah sungai besar dan beberapa sungai kecil, di antaranya Sungai Kampar  dan Sungai Siak bagian hulu.
Sungai Kampar melewati daerah kabupaten kampar panjangnya  ± 413,5 km ,sungai kampar dibagian hulu bercabang dua,dibagian aliran Sungai Kampar Kanan menelusuri kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat sekarang dan kabupaten Kampar Provinsi Riau, sedangkan aliran Sungai Kampar Kiri melewati Sijunjung diProvinsi Sumatera barat sekarang, kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau dan kabupaten Kampar Provinsi Riau, kemudian kedua aliran sungai kampar kanan dan sungai kampar kiri berjumpa di Langgam kabupaten Pelalawan Provinsi Ria…

pelalawan dalam angka 2018

pelalawan dalam angka 2018

HITUNGAN MATANG DARI SEORANG HENDRY MUNIEF

Oleh : Setiyono

Pada momen liburan tahun ini, tepatnya saat mendekati waktu Idul fitri, saat saya berada di kampung halaman, ada salah seorang anggota masyarakat yang bertanya kepada saya, “siapa calon gubernur Riau yang paling kuat?” Spontan saya jawab, Syamsuar. Kemudian dia bertanya lagi, “mengapa Syamsuar?” Sebab saat Siak dipimpin Syamsuar, terlihat jauh lebih maju dan itu dikenal oleh banyak masyarakat Riau. Saya sempat membaca hasil beberapa lembaga survei, popularitas Syamsuar cukup bagus. Kemudian dia juga didukung oleh PKS. Partai politik yang memiliki mesin politik paling rapi menurut saya. Dan di Riau, PKS ini dipimpin oleh seorang pemimpin yang banyak memiliki catatan kemenangan saat mendukung pasangan calon bupati dan walikota. Kampar, Bengkalis, Indragiri Hulu, Pekanbaru, Siak, dan Pelalawan. Semua calon bupati maupun walikota di daerah tersebut semuanya didukung PKS, dan semua menang saat Pilkada ser…

sejarah kabupaten pelalawan

sejarah kabupaten pelalawan. Tak kenal maka tak sayang
Tak sayang maka tak cinta
Inilah negeri kami pelalawan
Negeri melayu terbilang dan termasyur,,,
Disinilah kerajaan pekantuo kampar bermula yg berubah nama menjadi kerajaan pelalawan (kabupaten pelalawan)

"SUKU MELAYU PETALANGAN, KAB PELALAWAN, RIAU" 🇮🇩

Suku Petalangan hidup di Kabupaten Pelalawan , provinsi Riau . Desa-desa pemukiman orang Petalangan terletak sekitar 60-95 kilometer dari kota Pekanbaru . Kebanyakan orang Petalangan mencari nafkah dari hutan, Karet, sawit dan sebagai nelayan.
Istilah Petalangan berasal dari kata talang , yang merupakan sejenis bambu . Suku ini juga menyebut diri mereka sebagai Uwang Da'at (Orang darat)

Sejarah:
Menurut tombo Orang Petalangan datang dari
Johor menggunakan perahu, dan membuka hutan di pemukiman mereka sekarang ini. Mereka kemudian menjadi kawula Kerajaan Kampar, dan kemudian Pelalawan .

Di bawah pemerintahan Kesultanan Pelalawan mereka mendapat pengakuan hak atas wila…