Skip to main content

kabupaten pelalawan tempat wisata

Ada sebuah desa di kabupaten pelalawan tempat wisata yang termasuk ke dalam 10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia Yang Wajib Untuk Dikunjungi: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memilih 10 Desa Wisata Terbaik yang berhasil mengelola potensi pariwisata untuk majukan perekonomian warga.

Desa Wisata - Menurut Mendes PDTT Eko Sandjojo, pemberian anugerah bagi sepuluh desa wisata terbaik ini, dilaksanakan untuk mendukung visi pemerintah dalam memajukan daerah melalui pariwisata karena sektor tersebut dinilai cepat dan mudah dikembangkan.

Kesepuluh desa yang terpilih mewakili masing-masing satu kategori, yaitu:

1. Kategori Perkembangan Tercepat: Desa Sungai Nyalo, Painan
Terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, desa adat berbentuk nagari ini dikenal sebagai Kawasan Mandeh Painan. Kawasan pesisir pantai ini miliki pantai dan bukit yang menjadi andalan. Selain Bukit Mandeh yang menawarkan pemandangan batu-batu berbentuk pulau, ada pula Pantai Carocok yang terkenal dengan Pulau Cubadak yang masih sangat asri. Meski belum begitu dikenal di dalam negeri, turis asing banyak yang berwisata ke kawasan yang dijuluki "Paradise of the South" ini.

2. Kategori Desa Adat Terbaik: Desa Madobak, Mentawai
Selain potensi laut, Kepulauan Mentawai dikenal dengan tiga desa tradisional yang masih memegang adat, salah satunya adalah Desa Madobak. Desa yang terletak di Kecamatan Siberut Selatan, Mentawai, Sumatra Barat ini, miliki budaya tato yang diyakini sebagai budaya tato tertua di dunia. Keseriusan pemerintah setempat untuk melestarikan keunikan budaya lokal, membuat desa yang terletak di hulu sungai Siberut Selatan ini terpilih sebagai Desa Adat Terbaik.

3. Kategori Jejaring Bisnis: Desa Taman Sari, Banyuwangi
Berada di kawasan Gunung Ijen di Kecamatan Licin yang populer dengan wisata alamnya, Desa Taman Sari yang diapit Kampung  Penambang, Kampung Bunga dan Kampung Susu ini diresmikan sebagai desa wisata pada pertengahan 2016. Selain kawah gunung di Ijen, integrasi keunikan budaya di tiga kampung di Taman Sari, membuat wisatawan tertarik untuk mampir dan melihat keunikan budaya masyarakat Osing. Osing merupakan suku asli di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pentas musik kelas dunia pun diselenggarakan di sini, Ijen Summer Festival merupakan salah satunya.

4. Kategori Agro: Desa Pujon Kidul, Malang
Perpaduan gunung dan sawah tak pernah gagal manjakan mata. Ditambah kopi hangat menggugah rasa, kegiatan menikmati alam menjadi begitu istimewa. Hal inilah yang ditawarkan oleh Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang populer dengan air terjun Coban Sumber Pitu. Dinaungi Rumah Kampung Lestari, kegiatan argobisnis yang dilakukan warga menjadi daya tarik tersendiri. Ada dusun pengolah susu sapi, budidaya tanaman obat keluarga, hingga perkebunan seperti markisa, apel dan jambu.

5. Kategori IPTEK: Desa Seigentung, Gunungkidul
Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di DI Yogyakarta yang berkembang karena potensi wisatanya. Berada di dataran tinggi yang terbentuk atas muntahan gunungapi, Gunungkidul menyimpan beragam ilmu pengetahuan. Oleh pemerintah setempat, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) bahkan dijadikan unggulan yang mampu tingkatkan perekonomian warganya.

6. Kategori Budaya: Desa Ubud, Gianyar
Kemasyuran Desa Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, telah merambah dunia, akibat buku "Eat, Pray, Love" karangan Elizabeth Gilbert. Juga film adaptasi buku tersebut, yang dibintangi Julia Roberts. Buku dan film ini secara utuh mampu gambarkan keindahan budaya Ubud, beserta keunikan masyarakatnya. Ubud telah menjadi alasan bagi pelancong dalam dan luar negeri, untuk datang ke Indonesia.

7. Kategori Alam: Desa Waturaka, Ende
Desa Waturaka, Kecamatan Kalimutu, Kabupaten Ende, NTT terletak tak jauh dari kawasan terkenal Danau Kelimutu. Selain pemandangan cantik, desa ini mengusung konsep wisata yang sangat unik, yaitu melibatkan wisatawan dalam kegiatan sehari-hari. Wisatawan yang berkunjung akan tinggal di rumah penduduk, lalu melakukan kegiatan sebagaimana keseharaian warga. Jadi jangan heran,  jika tiba di sana melihat bule yang mencangkul di ladang, mengangkat batu untuk bangunan rumah, maupun mengajar Bahasa Inggris di sekolah.

8. Kategori Pemberdayaan Masyarakat: Desa Ponggok, Klaten
Umbul Ponggok di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, bisa jadi merupakan lokasi wisata paling populer se-Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Tempat berbentuk kolam alami ini, dikenal sebagai tempat belajar bagi para penyelam pemula. Yang menarik adalah, adanya beragam instalasi bawah air yang sangat seru untuk pecinta foto. Salah satu dampak dari adanya Umbul Ponggok, warga desa di sekitar lokasi wisata pun ikut merasakan manfaat. Desa ini mampu hasilkan Rp 6,5 milyar dalam setahun!

9. Kategori Kreatif: Desa Teluk Meranti, Pelalawan, Riau
Terletak di Kabupaten Pelalawan, Riau, Desa Teluk Meranti menjadi salah satu desa yang dikenal peselancar dunia. Meski tidak memiliki ombak sebaik di Kepulauan Nias, ombak bono telah dijajal peselancar dunia. Sebab di isnilah satu-satunya tempat dimana wisatawan dapat berselancar di sungai, bukan laut. Ombak bono merupakan gelombang air yang terletak di muara Sungai Kampar, Pelalawan, Riau. Kreativitas pengelola wisata setempat mampu promosikan potensi tersebut secara kreatif.

10. Kategori Maritim: Desa Bontagula, Bontang
Menjadi wilayah industri tak membuat Kabupaten Bontang, Kalimantan Timur menjadi tak menarik untuk dikunjungi. Posisi Bontang yang diapit laut, membuat bibir pantainya sangat indah. Salah satu keindahan maritim terbaik yang dapat dikunjungi di Bontang adalah Desa Bontagula. Dengan menjadikan keindahan laut dan aktivitas warga pesisir pantai sebagai atraksi utama, desa ini diganjar penghargaan.

Pelalawan adalah Kabupaten Provinsi Riau, saat ini salah satu provinsi terkaya di Indonesia karena kelimpahan sumber daya alam, menjadikannya pusat ekonomi pulau Sumatera. Ini mencakup area seluas hampir 14.000 kilometer persegi, yang sebagian besar terletak di tengah Pulau Sumatrera.

Di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, memiliki banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi. Salah satunya wisata alam pemandian air panas yang menawarkan berbagai macam pengobatan alami. Ini karena air panas tersebut keluar langsung dari sumber mata air yang mengandung belerang. Lokasi wisata pemandian air panas ini berada di dalam areal perkebunan sawit PT Musim Mas atau sekitar 7 Km ke arah barat Kelurahan Pangkalan Lesung.

Pernah menghayal bisa berselancar di sungai? Kini khayalan itu bisa diwujudkan lho, tidak percaya? Datang saja ke sungai Kampar, Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Sungai satu ini memang berbeda dan spesial dibanding sungai-sungai lainnya.

Kabupaten Pelalawan, menjadi sangat populer hingga mendunia karena keeberadaan  Sungai Kampar, sungai ini menjadi sangat unik karena dapat dijadikan sebagai lokasi berselancar yang sangat sepektakuler

Warga Kabupaten Pelalawan....yuks  weekend  ini ke Taman Kreatif Pelalawan depan kantor Bupati

Ada yg seru lho....Iya karena ada Festival Kuliner dan juga lounching #BONOCorner  atau tempat wisata kuliner pkl kerinci selain itu   ad hiburan menarik juga Guys...

Comments

Popular posts from this blog

kebudayaan kabupaten pelalawan

kebudayaan kabupaten pelalawan berdasarkan SEJARAH PERADABAN TANAH KAMPAR [ MENGUAK MISTERI LINTAS ZAMAN ]
BAB I
PENDAHULUAN
Kampar merupakan nama salah satu Daerah kabupaten di Provinsi Riau, Indonesia.terletak antara 1°00’40” Lintang Utara sampai 0°27’00” Lintang Selatan dan 100°28’30” – 101°14’30” Bujur Timur.Kabupaten Kampar saat ini dilalui oleh dua buah sungai besar dan beberapa sungai kecil, di antaranya Sungai Kampar  dan Sungai Siak bagian hulu.
Sungai Kampar melewati daerah kabupaten kampar panjangnya  ± 413,5 km ,sungai kampar dibagian hulu bercabang dua,dibagian aliran Sungai Kampar Kanan menelusuri kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat sekarang dan kabupaten Kampar Provinsi Riau, sedangkan aliran Sungai Kampar Kiri melewati Sijunjung diProvinsi Sumatera barat sekarang, kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau dan kabupaten Kampar Provinsi Riau, kemudian kedua aliran sungai kampar kanan dan sungai kampar kiri berjumpa di Langgam kabupaten Pelalawan Provinsi Ria…

ut pelalawan

ut pelalawan

Ujian mahasiswa UT kab pelalawan.H2 hari minggu, aturan di perketat.guna mencapai lulusan berkualitas dan bermutu tinggi.semangat buat adek2 mahasiswa UT.taati aturan dan smga mndapat nilai yg memuaskan.

Bersama dosen pembimbing ahli & pembimbing 1 jalan2 di tambang terbuka grasberg,,,,, PT. Freeport Indonesia  Universitas Terbuka Pelalawan Upbjj Universitas Terbuka Denpasar Upbjj Universitas Terbuka Padang Upbjjut Jayapura Upbjj-ut Layanan Luar Negeri Upbjj-ut Palangka Raya

PKL.KERINCI, riaueditor.com  Syahbanides atau sehari-harinya dipanggil Syahban, seorang mahasiswa Universitas Terbuka (UT) yang juga guru honorer di SD 009 Pangkalan Kerinci menyebutkan bahwa dirinya telah melayangkan pengaduan kepada Kejaksaan …

PKL.KERINCI, riaueditor.com - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pelalawan MD. Rizal, S.Pd.M.Pd menilai permasalahan mahasiswa UT Syahbanides dengan koordinator Kelompok Belajar Universitas Terbuka (Pokjar) UT tidak harus dibesar-besarkan, karena …

Nee ut

sejarah kabupaten pelalawan

sejarah kabupaten pelalawan. Tak kenal maka tak sayang
Tak sayang maka tak cinta
Inilah negeri kami pelalawan
Negeri melayu terbilang dan termasyur,,,
Disinilah kerajaan pekantuo kampar bermula yg berubah nama menjadi kerajaan pelalawan (kabupaten pelalawan)

"SUKU MELAYU PETALANGAN, KAB PELALAWAN, RIAU" 🇮🇩

Suku Petalangan hidup di Kabupaten Pelalawan , provinsi Riau . Desa-desa pemukiman orang Petalangan terletak sekitar 60-95 kilometer dari kota Pekanbaru . Kebanyakan orang Petalangan mencari nafkah dari hutan, Karet, sawit dan sebagai nelayan.
Istilah Petalangan berasal dari kata talang , yang merupakan sejenis bambu . Suku ini juga menyebut diri mereka sebagai Uwang Da'at (Orang darat)

Sejarah:
Menurut tombo Orang Petalangan datang dari
Johor menggunakan perahu, dan membuka hutan di pemukiman mereka sekarang ini. Mereka kemudian menjadi kawula Kerajaan Kampar, dan kemudian Pelalawan .

Di bawah pemerintahan Kesultanan Pelalawan mereka mendapat pengakuan hak atas wila…

peta kabupaten pelalawan

peta kabupaten pelalawan

ASAL USUL BATURIJAL

Kenegerian Baturijal terdiri dari dua desa, yaitu Baturijal Hulu dan Baturijal Hilir. Masing-masing mempunyai penghulu. Struktur kenegerian dan kepenghuluan ini tidak sesuai dengan struktur keperintahan Republik Indonesia, sehingga dihilangkan. Hanya saja 4 orang yang sempat menjadi wali negeri yaitu Khalil Ali, Muhamad Noeh, Raja Eman dan Saidina Ali.
Baturijal yang berada ditepi Batang Kuantan ini, mempunyai batas wilayah sebagai berikut :
a.Batas wilayah Baturijal Hulu yaitu :
-Sebelah Utara berbatsan dengan Kab. Kampar dan Pelalawan.
-Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Selunak Kec. Peranap.
-Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Pesikaian Kec. Cerenti.
-Sebelah Timur berbatasan dengan Baturijal Hilir Kec. Peranap.
b.Batas wilayah Hilir :
-Sebelah Utara berbatsan dengan Kab. Kampar dan Pelalawan.
-Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Selunak Kec. Peranap.
-Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Baturijal Hulu Kec. Peranap.
-Sebelah Ti…

bkd pelalawan 2018

Untuk mengetahui jadwal ujian cpns dari bkd pelalawan 2018 silahkan klik link berikut.
https://bkd.pelalawankab.go.id/berita-294-jadwal-seleksi-kompetensi-dasar-skd-penerimaan-calon-pns-kabupaten-pelalawan-tahun--2018.html
Semoga membantu.

Kamis (6/9/2018) malam seluruh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menggelar rapat di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB)

Pertemuan ini adalah untuk menetapkan formasi CPNS bagi daerah. Termasuk yang ikut dalam rapat tersebut Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan

Dikutip dari Tribunpekanbaru.com, formasi secara garis besarnya sudah ditetapkan 238.015 formasi dimana untuk daerah 186.744 untuk 525 instansi dan pusat 51.271 untuk 76 instansi

Berikut ini Formasi CPNS yang diajukan Riau ke pusat untuk formasi yang diminta Menpan RB :

- Provinsi 375
- Pekanbaru 300
- Dumai 170
- Bengkalis 300
- Siak 250
- Kuansing 300
- Rohul 325
- Rohil 331
- Inhil 350
- Meranti 248
- Kampar 210
- Inhu …

Stand April di Pelalawan Expo 2018

Kami kembali ikut meramaikan Pelalawan Expo 2018. Ayo kunjungi stand APRIL di Blok 1 No.1 mulai dari tanggal 6-12 Oktober 2018. Sahabat bisa melihat bagaimana proses produksi dari kayu menjadi kertas atau dari kayu menjadi serat kain. Sentuh teksturnya, raba, dan lihat dari dekat.

Sahabat juga bisa ikut belajar membatik lho, juga bisa mencicipi produk-produk mitra binaan Community Development RAPP, dan jangan lupa sahabat berfoto selfie/wefie saat di booth APRIL ya, lalu post ke instagram, follow dan  tag @sahabatRAPP jangan lupa sertakan hashtag #APRILxPelalawanExpo2018 #sahabatRAPP hadiah menarik sudah kami siapkan untuk sahabat dengan foto terbaik 😉.

#APRILxPelalawanExpo2018 #sahabatRAPP #PelalawanExpo2018 #Event #Paperone #GoodforCommunity #GoodforClimate #GoodforCountry #Paper #Industry #Sustainable #Concession #CommunityDevelopment #WomenEmpowerment #BatikBono #business #Riau #viscose #acacia #rayon #lifeatAPRIL #RAPPuntukIndonesia

7 program pelalawan

HM Harris Paparkan 7 Program Pelalawan dan Riau Masa Depan

Mari kita lihat dan kita perjuangkan dengan setulus hati Anggaran Pembangunan Gedung SDN 023 Kelas Jauh Sungai Medang Desa Kesuma Kecamatan Pangkalan Kuras Tahun 2017, dan mendukung 7 Program Prioritas Pelalawan Cerdas, anak mereka disana juga ingin cerdas. Mudah- mudahan bisa terlaksana. Amin.

Bertemu masyarakat Kecamatan Langgam bercerita tentang pembangunan daerah. Ada 7 program prioritas di Pelalawan sudah membawa Pelalawan ke depan pintu gerbang kesejahteraan. Insyaallah pengalaman yang sudah kita lakukan akan berguna untuk membangun Riau secara umum. Amin.

#HarmoniRiauSejahtera
#BersamaMembangunRiau
#HarR1s
7 program pelalawan