Skip to main content

lambang pelalawan

lambang pelalawan

Assalamu alaikum, saudara2 dan kerabat patik dari Kesultanan Langkat.. Sambil bincang2 santai, patik nak tanya kepada sesiapa yg mengetahui hal ihwal sejarah Kesultanan Melayu Langkat, khususnya kepada Panglima Langkat, Kakanda Muhammad Idrus dan keluarga kerabat Kesultanan Langkat, adakah yg bisa menjelaskan.. Pertanyaan patik, apa sebabnya di panji Kesultanan Langkat juga terdapat lambang 2 naga, sama halnya pada panji Kesultanan Siak Sri Inderapura dan Kesultanan Pelalawan? Pada panji Kesultanan Siak Sri Inderapura terdapat 2 naga mengapit mahkota. Adapun pada panji Kesultanan Pelalawan lambang 2 naga tersebut memang disebabkan oleh pengaruh dari Kesultanan Siak, hanya bedanya pada panji Kesultanan Pelalawan lambang 2 naga tidak mengapit mahkota, sebab hanya Kesultanan Siak Sri Inderapura yg memiliki mahkota. Nah, utk lambang 2 naga pada panji Kesultanan Langkat apakah ada disebabkan oleh pengaruh Siak? Kalau patik tak silap, Sultan Musa (Sultan yg paling berpengaruh dlm sejarah Langkat) masih bertali darah dgn Sultan Siak dan pernah menetap beberapa waktu pada masa kecilnya di Siak Sri Inderapura utk diasuh oleh Sultan Siak sebelum dipersiapkan menjadi Sultan Langkat. (Patik lupa, Alm. Sultan Musa pernah diasuh oleh Sultan Siak yg ke berapa, tapi dgn melihat masanya dugaan patik itu pada masa Sultan Syarif Ismail, Sultan Siak ke 9). Mohon bantu penjelasan mengenai hal ihwal persamaan ini. Dari semua Kesultanan Melayu, tampaknya hanya 3 Kesultanan ini yg menggunakan lambang naga pada panjinya..

Penjelasan Arti Lambang / Logo Kabupaten Pelalawan

Salam pesaudran tapak suci se indonesia
   Saya Nanang: anak tapak suci pelalawan riau. Ikut bangga meliahat saudara memakai baju merah lambang tapak suci...
   "Sikap Mawar"

Walau bukan saya langsung yang menerima foto lambang Pelalawan di puncak gunung Elbrus, Rusia, saya ucapkan terimakasih kepada ananda Zainul Ikhwan dengan semangat tinggi pantang menyerah sudah berhasil mengibarkan lambang Pelalawan di puncak tertinggi benua Eropa, satu dari 7 gunung tertinggi di dunia.

Semoga ini menjadi motivasi pemuda di Riau, Pelalawan khususnya untuk berani melakukan hal-hal besar. Agar Riau mendunia, agar Riau masuk hitung. Riau butuh generasi yang ulet, gigih dan berani seperti itu agar Harmoni Riau Sejahtera dapat diwujudkan.

#HarmoniRiauSejahtera
#BersamaMembangunRiau
#HarR1s

Ini lambang Kesultanan Siak Sri Inderapura. Desainer lambang ini adalah Sultan Syarif Kasim I, yg juga membuat desain Mahkota Siak dan digelari Marhum Mahkota. Tercatat hanya 3 Kesultanan Melayu yg memakai simbol naga dan kebetulan ketiga Kesultanan tersebut saling berkaitan nasab. Yaitu, Kesultanan Siak, Kesultanan Pelalawan dan Kesultanan Negeri Langkat.

Comments