Kabupaten Pelalawan Riau

Kabupaten Pelalawan - Propinsi Riau Terkini merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Propinsi Riau dengan Ibukota Pangkalan Kerinci dengan Kode Pos Pelalawan 28353.

Keadaan Geografis Kabupaten Pelalawan

Secara astronomis Kabupaten Pelalawan terletak pada 1,25’ LU - 0,20’ LS dan 100,42’ - 103,28’ BT. 

Dengan batas - batas sebelah timur berbatasan dengan Propinsi Kepulauan Riau, Sebelah SELATAN berbatasan dengan Kabupaten Indragiri Hilir. 

Sebelah BARAT berbatasan dengan Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru, sebelah UTARA berbatasan Kabupaten Siak dan Kabupaten Kep. Meranti. 

Dengan total luas wilayah Kabupaten Pelalawan adalah 13.067,29 km persegi.

Sedangkan Kecamatan dengan dengan luas terbesar adalah Kecamatan Teluk Meranti dengan luas 4.113,03 km persegi. 

Kecamatan dengan luas terkecil adalah Kecamatan Pangkalan Kerinci dengan Luas 217,26 km persegi.

Dengan julukan Negeri Seiya Sekata pada tulisan Logo Kabupaten Pelalawan berbentuķ seperti payung. 

Banyak sekali yang menyediakan logo ini pelalawan baik itu dalam format cdr maupun berwarna hitam putih, cukup dengan mengetikkan kata kunci pelalawan logo pada mesin pencarian Anda.

Logo Kabupaten Pelalawan


Pembagian Kecamatan Kabupaten Pelalawan

kabupaten pelalawan ada berapa kecamatan? Pembagian Kecamatan Kabupaten Pelalawan terdiri dari 12 kecamatan, dan 105 Desa yaitu :

Kecamatan Bandar Petalangan

Kecamatan Bandar Petalangan merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan dengan Ibukota Rawang Empat. Kecamatan ini mempunyai total luas area 361,85 km².

Kecamatan Bandar Sei Kijang

Kecamatan Bandar Seikijang merupakan pintu gerbang pertama memasuki Kabupaten Pelalawan jika kita berjalan dari Pekanbaru karena Kecamatan Bandar Sei kijang ini berbatasan langsung dengan Kotamadya Pekanbaru. Kecamatan ini beribukota  Kota Sei Kijang dengan total luas wilayah 325,03 km².

Kecamatan Pelalawan

Kecamatan Pelalawan - Dari nama inilah nama Kabupaten Pelalawan. Ibukota Kecamatan Pelalawan adalah Kota Pelalawan. Kota Pelalawan inilah pada masa dahulu adalah pusat sebuah Kerajaan Melayu yang bernama Kerajaan Pelalawan. Luas total Kecamatan ini adalah 1.469,38 km².

Kecamatan Teluk Meranti

Kecamatan Teluk Meranti adalah Kecamatan terluas yang ada di Kabupaten Pelalawan. Kecamatan ini mempunyai luas 4.113,03 km². Ibukota Kecamatan ini adalah Kota Teluk Meranti.

Kecamatan Kerumutan

Kecamatan Kerumutan mempunyai ibukota yang bernama Kota Kerumutan. Luas wilayah Kecamatan ini adalah adalah 976,31 km².

Kecamatan Kuala Kampar

Kecamatan Kuala Kampar merupakan satu satunya wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan yang daratannya terpisah dengan daratan Pulau Sumatera, karena Kecamatan ini adalah wilayah Kepulauan. Letaknya paling jauh dari Ibukota Kabupaten Pelalawan dan berbatasan langsung dengan Propinsi Kepulauan Riau. Ibukota Kecamatan ini adalah Kota Teluk Dalam. Kecamatan ini mempunyai luas 683,39 km².

Kecamatan Ukui

Kecamatan Ukui mempunyai total luas wilayah 1.337,47 km². Nama Ibukota Kecamatan ini adalah Kota Ukui Satu.

Kecamatan Pangkalan Lesung

Kecamatan Pangkalan Lesung mempunyai Ibukota sesuai dengan nama Kecamatannya, yaitu Kota Pangkalan Lesung. Luas total wilayah Kecamatan ini adalah 438,08 km².

Kecamatan Pangkalan Kuras

Nama Ibukota Kecamatan Pangkalan Kuras adalah Kota Sorek Satu. Luas total wilayah Kecamatan ini adalah 1.224,55 km².

Kecamatan Pangkalan Kerinci

Kecamatan Pangkalan Kerinci mempunyai keistimewaan tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Pelalawan karena di Kecamatan inilah yang menjadi Pusat Pemerimtahan Kabupaten Pelalawan. Ibukota Kecamatan ini sekaligus menjadi Ibukota Kabupaten Pelalawan. Kota tersebut bernama Pangkalan Kerinci. Luas total Kecamatan ini adalah 217,26 km².

Kecamatan Langgam

Kecamatan Langgam mempunyai Ibukota yang bernama sama seperti nama Kecamatannya, yakni Kota Langgam. Luas total kecamatan ini adalah 1.476,29 km².

Kecamatan Bunut

Kecamatan Bunut merupakan salah satu kecamatan tertua yang ada di Kabupaten Pelalawan. Nama Ibukota Kecamatan ini adalah Kota Pangkalan Bunut. Luas total Kecamatan ini adalah 444,65 km².

Website Pemkab Pelalawan

Pemerintah menyediakan berbagai website, seperti pelalawankab.go.id yang bisa anda akses untuk mendapatkan berbagai informasi resmi.

KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DISDUKCAPIL) KABUPATEN PELALAWAN

Dengan mengakses website disdukcapil pelalawan online go id, anda tidak perlu lagi datang ke kantor capil pelalawan, karena melalui web ini Anda bisa mengecek ktp, cek kk dari rumah. Apa saja yang bisa anda dapatkan pada web dukcapil.


Jika Anda ada pertanyaan bisa menghubungi surel dengan alamat emailnya adalah : info@pelalawankab.go.id




Hotel di Kabupaten Pelalawan Riau

Sangat banyak Hotel di Pelalawan Riau yang dapat Anda kunjungi, diantaranya adalah : 

  • Hotel Aini
  • Hotel Meranti
  • Hotel Grand 

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai hotel pelalawan kerinci lainnya silahkan klik link ini.







Posting Komentar untuk "Kabupaten Pelalawan Riau"