Selamat Datang di Website Kabupaten Pelalawan.

Profil Kabupaten Pelalawan


Profil dan Gambaran Umum Kabupaten Pelalawan meliputi sejumlah 12 Kecamatan dan 104 Desa dengan Pusat Pemerintahan berada di Kota yang bernama Pangkalan Kerinci. Kabupaten yang dibelah oleh sungai Kampar ini dijuluki juga dengan sebutan Negeri Seiya Sekata.

Sejarah Kabupaten Pelalawan tidak bisa dipisahkan dengan sebuah Kerajaan yang diperintah oleh seorang Raja sebelum kemerdekaan negara Republik Indonesia di mana nama Kabupaten ini sama dengan Nama Kesultanan tersebut. Nama Pelalawan merupakan sebuah tempat yang berasal dari kata dasar "Lalau" yang bermakna "Cadang", atau daerah Pe-lalau-an atau daerah Pen-cadang-an (tempat yang pernah dicadangkan).

Kabupaten Pelalawan zaman dulu adalah bagian dari Kabupaten Kampar sebelum menjadi Kabupaten sendiri. Para Tokoh Masyarakat Kabupaten Pelalawan bersepakat untuk membentuk Kabupaten sendiri yang akhirnya diresmikan pada tanggal .... yang diperingati sebagai hari jadi Kabupaten Pelalawan setiap tahunnya. Pemilu Pilkada telah menghasilkan beberapa orang Bupati yang pernah memimpin Kabupaten Pelalawan.

Luas wilayah kabupaten pelalawan adalah ....... dengan sebagian wilayahnya termasuk ke dalam kawasan hutan. Jumlah penduduk kabupaten pelalawan 2020 adalah ...... Adat istiadat dan tradisi Kabupaten Pelalawan sebagian besar berasal dari unsur kebudayaan melayu walaupun sekarang hampir semua budaya Indonesia ada di Kabupaten Pelalawan. Untuk informasi lengkapya bisa dilihat di  Kabupaten Pelalawan dalam Angka yang diterbitkan setiap tahunnya.

Ada banyak Objek Wisata yang layak dikunjungi sebagai Tempat Pariwisata di Kabupaten Pelalawan, diantaranya para mancing mania bisa mencoba memancing di sepanjang sungai Kampar yang membelah Kabupaten ini, wisata di Kota Pangkalan Kerinci yaitu di Tanjung Putus, Danau Tajwid, ombak bono di Teluk Meranti, Tugu Equator, serta Istana Sayap di Kelurahan Pelalawan. Jika Anda menggunakan travel dari Pekanbaru ke Pelalawan Anda akan membutuhkan waktu kurang dari 1,5 jam jika jalan lancar dan dengan kecepatan biasa.

Pendapatan penduduk sebagian besar tergantung dari harga sawit, mengingat banyaknya Perusahaan Kelapa Sawit yang beroperasi di Kabupaten ini, dan tentu saja banyak perusahaan lainnya yang beroperasi di sini, di antaranya PT Asian Agri, RAPP dengan grup APRIL, dan lain sebagainya. Dengan demikian ada banyak Lowongan Kerja yang tersedia setiap tahunnya baik oleh swasta maupun oleh pemerintah yang diisi oleh Pegawai dan Honorer.

Salah Satu Sudut Sungai Kampar di Kota Pelalawan

Di Kabupaten Pelalawan terdapat beberapa Perguruan Tinggi dan Sekolah yang bagus, seperti : Akademi Komunitas Negeri Pelalawan (AKNP), Institut Teknologi Perkebunan Pelalawan Indonesia, Universitas Pelalawan, Universitas Terbuka Pelalawan, MTSN 1 pelalawan, SMAN 1 Pangkalan Kerinci Pelalawan, SMAN Bernas Pelalawan, SMPN 7 Pelalawan, juga Pemerintahan Kabupaten Pelalawan juga menyediakan program Beasiswa dananya berasal dari APBD.

Untuk masalah penegakan hukum, Pemerintah Kabupaten dibantu oleh Polres Pelalawan dan dibantu juga oleh beberapa Organisasi yang ada, juga ada DPRD yang ikut mengawasi jalannya pemerintahan, juga ada media center pelalawan yang menyediakan Berita Terkini Kabupaten Pelalawan.

Terdapat beberapa fasilitas Kesehatan termasuk penanggulangan masalah Covid yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan, ada juga beberapa Kesenian, juga ada terdapat beberapa Hotel yang representatif jika ingin bermalam di sini, dan jangan lupa menikmati Kuliner khas Kabupaten Pelalawan yang lezat dan tidak terdapat di Tempat lain. Untuk kawasan Perkantoran, pemerintah menyediakan Komplek Perkantoran terpadu yang bernama Komplek Bhakti Praja. Juga terdapat Masjid dengan Jadwal shalat 5 waku.


KECAMATAN DI KABUPATEN PELALAWAN


Kecamatan di Kabupaten Pelalawan antara lain : Kecamatan Bandar Petalangan, Kecamatan Bandar Sei Kijang, Kecamatan Pelalawan, Kecamatan Teluk Meranti, Kecamatan Kerumutan, Kecamatan Kuala Kampar, Kecamatan Ukui, Kecamatan Pangkalan Lesung, Kecamatan Pangkalan Kuras Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kecamatan Langgam dan Kecamatan Bunut.



Jangan sampai ketinggalan Berita terbaru hari ini yang kami himpun dari berbagai sumber.

BERITA TERBARU :


Semoga cuaca pelalawan hari ini bersahabat bagi kita semua. Jika Anda ingin menJual sesuatu silahkan lihat link di bawah ini :


INFO BISNIS


Terima Kasih telah mengunjungi Website kami.